Tuesday, October 8, 2013

Susah berhenti merokok ? Ini penyebabnya!



Tanyakan pada semua perokok yang sudah berhasil berhenti merokok, mereka akan mengatakan hal yang sama: Berhenti merokok bukan hal yang mudah.
TANYAKAN pada semua perokok yang sudah berhasil berhenti merokok, mereka akan mengatakan hal yang sama: Berhenti merokok bukan hal yang mudah. American Cancer Society bahkan menjelaskan bahwa dari 70 persen perokok yang ingin berhenti, hanya 40 persen yang bertahan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Lantas, mengapa berhenti merokok begitu sulit?

Jawaban singkatnya adalah karena nikotin. Pertama, karena nikotin menimbulkan semacam ketergantungan pada fisik seseorang. Kedua, kecanduan nikotin bisa menyebabkan perubahan secara psikologis karena nikotin bisa memberikan perasaan yang menyenangkan pada berbagai aspek kehidupan perokok. Untuk itu, berhenti merokok bukan hal yang mudah dilakukan.
Perokok yang ingin berhenti harus siap untuk menghadapi kecanduan nikotin pada tubuh mereka. NIkotin bekerja dengan mengganggu komunikasi antar sel saraf. Ini membuat seseorang merasa santai, tenang, dan membuat mereka ingin merokok lagi.
Dengan semakin sering merokok, tubuh seseorang akan beradaptasi dan toleran terhadap nikotin. Untuk mendapatkan efek yang sama dengan yang dirasakan pertama kali, seseorang harus menambah jumlah nikotin dan rokok mereka. Dengan begitu, lambat laun seseorang akan kecanduan terhadap rokok dan nikotin.
Kecanduan ini tak bisa dengan mudah dihilangkan. Ketika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok, tubuh mereka akan memberikan reaksi seperti keringat dingin, tak sabaran, rasa cemas, depresi, sakit kepala, susah tidur, susah berkonsentrasi, meningkatnya detak jantung, dan lainnya.
Reaksi yang tak menyenangkan ini seringkali membuat banyak orang menyerah dan kembali merokok. Tak hanya itu, berhenti merokok juga membuat orang menambah berat badan. Banyak orang yang tak ingin berat badannya bertambah, sehingga mereka enggan berhenti merokok, seperti dilansir oleh Everyday Health (15/08).
Hal-hal di atas yang bersumber dari kecanduan nikotin dan efek hilangnya nikotin dalam tubuh, seringkali membuat banyak orang sulit berhenti merokok. Jika Anda memang telah berniat untuk berhenti merokok, jangan menyerah. Reaksi di atas hanya akan terjadi sementara. Jika Anda berhasil melewatinya, Anda bisa terbebas dari nikotin dan rokok selamanya. | sumber: merdeka